Halaman

Selasa, 18 Juni 2013

PENYUSUNAN ANGGARAN (BUDGETING)


PENYUSUNAN ANGGARAN (BUDGETING) BUDGETING, PLANNING, DAN CONTROL. Planning atu perencanaan merupakan proses penetapan tindakan atau kegiatan yang dilaksanakan perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu (melihat kedepan). Pengendalain adalah proses melihat apa yang terjadi dan membandingkannya dengan apa yang sudah direncanakan sebelumnya. Sedangkan anggaran (budget) merupakan suatu rencana dimasa yang akan dating yang diyatakan dalam satuan kuantitatif atau satuan moneter atau dalam keduanya untuk menunjukan perolehan dan pengunaan sumber keuangan yang dimilki perusahaan dalam jangak waktu tertentu. Manfaaat anggaran: Secara terperinci manfaat yang akan diproleh perusahaan dengan adanya anggaran adalah sebagai berikut: • Memaksa manajer untuk berfikir jauh kedepan • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan • Menyediakan standard atau pedoman untuk penilaian kinerja • Meningkatkan komunikasi dan koordinasi Kelemahan anggaran Meskipun anggaran mempunyai peranan yang cukup besar dalam sebuah perusahaan, tetapi juga harus diingat adanya keterbatasan anggaran yang digunakan perusahaan. Keterbatasan itu antara lain adalah: • Dalam penyusunan anggaran selalu menggunakan estimasi atau prediksi dengan mendasarkan pada asumsi –asumsi tertentu • Anggaran hanyalah merupakan suatu alat atau sarana bagi manajemen. Keberhasilan pelaksanaan anggaran sangat tergantung pada manusianya itu sendiri. Maka dalam penyusunan anggaran perlu memperhatikan aspek perilaku manusianya. • Menyusun anggaran yang baik sehingga dapat benar-benar bermanfaat memerlukan waktu ,uang dan tenaga Kriteria pengunaan angagaran Untuk dapat memanfaatkan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalain semasimal mungkin, perlu diperhatikan pula kondisi yang harus dimilki oleh suatu perusahaan. Kondisi yang harus ada tersebut adalah sebagai berikut: • Diperlukan adanya dukungan struktur organisasi perusahaan yang baik • Diperlukan adanya system akuntansi yang cukup memadai • Adanya dukungan dari segenap karyawan perusahaan Penyusunan anggaran induk (master budgeting) Master budget Master budget atau anggaran nduk merupakan rencaan perusahaan yang komperehensif atau menyeluruh dalam perencanaan jangka pendeknya.master budget terdiri atas 8 jenis anggaran yang dapat dibedakan mejadi 2 kelompok, yaitu: • Operating budget,anggaran operasi yang merupakan aktivitas aktivitas yang akan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan • Financial budget,anggaran financial yang menggambarkan posisi keuangan serta aliran kas perusahaan. Anggaran ini terdiri dari anggaran kas, anggaran neraca dan anggara pengeluaran modal. Penyusunan operating budget • Anggaran penjualan(sales budget), merupakan proyeksi penjualan yang telah disetujui oleh komite anggaran yang diharapakan akan dicapai perusahaan baik dalam jumlah unti maupun dalam satuan moneter. • Anggaran produksi (production budget), anggaran produksi menggambarkan berapa unit harus diproduksi untuk dapat memenuhi anggaran penjualan dan kebutuhan persediaan akhir barang jadi yang ditetapkan perusahaan. • Anggaran pembelian bahan baku (direct material purchased budget), anggaran pembelianbahan baku merupakan rencana jumlah bahan yang akan digunakan dalam jumlah bahan yang akan dibeli. • Angaran tenaga kerja langsung (direct labour budget), anggaran tenaga kerja langsung menunjukan jumlah jam kerja langsung yang dibutuhkan dan biaya yang muncul untuk memenuhi kebutuhan tersebut. • Anggaran biaya overhead pabrik, anggaran overhead pabrik menunjukan semua biaya produksi yang sifatnya tidak langsung • Anggaran sediaan akhir barang jadi, informasi pada anggaran ini merupakan sumber yang akan digunakan dalam penyusunan anggaran neraca serta anggaran harga pokok penjualan. • Anggaran harga pokok penjualan, dengan menggunakan informasi anggaran yang telah disusun sebelumnya anggaran harga pokok penjualan kemudian disusun. • Anggaran biaya penjualan dan administrasi, anggaran ini menunjukan perencanaan untuk biaya non produksi. • Anggaran laba-rugi , setelah anggaran harga pokok penjulan dan anggaran biaya administrasi dan penjualan disusun, maka anggaran laba rugi dapat disajikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar